Minggu, 31 Oktober 2010

VIRTUAL CLASS

          Universitas Gunadarma adalah salah satu universitas yang sangat mengikuti perkembangan zaman mengenai Teknologi Informasi (TI). Dengan mengacu program dari DIKTI yang memiliki tujuan untuk memeratakan mutu pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan adanya program tersebut mendorong Universitas Gunadarma untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dengan rekan sesama perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi di luar Jawa ataupun perguruan tinggi yang tergabung dalam perguruan tinggi di Jawa Barat. Idenya adalah dengan mengadakan virtual class sehingga semua mahasiswa di lingkungan intern ataupun di seluruh wilayah yang ada di Indonesia dapat mengikuti kuliah yang diselenggarakan di Universitas Gunadarma.
            Kelas virtual seringkali juga menggunakan alat komunikasi lain selain internet, seperti fax, telepon, konferensi audio dan konferensi video.
Kelas virtual tersebut harus dapat memberikan harapan kepada pembelajar untuk terjadinya proses belajar dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar. Hal tersebut antara lain dapat diwujudkan dengan merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik., menyusun bahan belajar yang baik dan berkualitas tinggi, dan memfasilitasi terjadinya komunikasi timbal balik antara pembelajar dan dosen.
            Mahasiswa harus melakukan absen secara Online menggunakan web yang disediakan, Evaluasi dalam bentuk Online, diskusi melalui forum (optional), berinteraksi dengan dosen secara audio visual dan atau menggunakan fasilitas chatting. Selain itu, virtual class bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
Kelemahan Virtual Class :

• Penggunaan internet memerlukan infrastruktur yang memadai.
Internet dapat dioperasikan kalau ada jaringan listrik dan ada jaringan telepon.

• Menggunakan Internet terhitung mahal.
Untuk dapat menggunakan internet orang harus mempunyai komputer yang dilengkapi dengan modem, tenaga listrik, fasilitas telepon,dan terhubung dengan internet provider yang dapat diperoleh melalui langganan. Harga komputer dan modemnya mahal tetapi membeli sekali dapat dipakai dalam waktu yang lama.

• Komunikasi melalui internet sering kali lamban
Lambatnya arus informasi ini dapat menyebabkan proses belajar menjadi membosankan.
Kelas virtual ini juga dapat memberikan tugas perorangan kepada setiap pembelajar melalui e-mail. Pekerjaan siswa yang dikirimkan kepada guru melalui e-mail diperiksa oleh guru, diberi komentar, dan diberi nilai. Komentar dan nilainya dikirimkan ke pembelajar melalui e-mail. Kelas virtual harus dapat menjadi wahana kebebasan akademik. Pembelajar itu perlu memperoleh kebebasan dalam melakukan percobaan, dalam membuat asumsi, dalam berinteraksi dengan pembelajar lain tanpa harus meras takut dan cemas. Kelas yang efektif merupakan wahana bagi pembelajar untuk mengekspresikan diri dengan cara yang tepat, wahana untuk menempuh resiko sehingga dapt belajar lebih banyak, wahana berbagi gagasan, dan wahana melontarkan pertanyaan tanpa rasa takut.


Referensi :
http://elearning.gunadarma.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=13&Itemid=39
http://arioadhinugroho.com/index.php?option=com_content&view=article&id=282&Itemid=166
http://www.scribd.com/doc/16572121/Jurnal-01-e-Learning
http://infoduniafilan89.blogspot.com/2010/04/kelebihan-pembuatan-web-virtual-class.html

 

Rizki Rahmattullah
1EB17
29210532

Tidak ada komentar:

Posting Komentar